Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha

Ada banyak alasan mengapa seorang wirausahawan gagal dalam menjalankan bisnisnya. Alasan yang paling umum adalah “Kekurangan konsep yang layak.” Masalah umum yang lain adalah kurangnya pengetahuan pasar. Misalnya kita menganggap bahwa semua orang disekitar kampus membutuhkan internet sehingga kita langsung membangun usaha WARNET. Kita tidak melihat bahwa misalnya sudah banyak mahasiswa yang memiliki komputer dengan fasilitas internet di rumah. Atau bahwa sekitar kampus sudah ada fasilitas Hotspot atau Warnet serupa yang memiliki pelanggan yang sangat setia.

Seorang Wirausaha dapat juga gagal karena sulit mencari orang yang memiliki keterampilan yang baik. Bahkan kekurangan keterampilan teknis dapat menjadi masalah. Seorang Pengusaha Restoran, misalnya. Ia dapat gagal karena tidak berhasil mendapatkan koki yang baik atau kokinya tiba-tiba pindah dan ia gagal dalam menemukan pengganti yang baik sementara pengusaha itu sendiri tidak memiliki keterampilan memasak. Pada akhirnya, jumlah pengunjungnya menurun dan lambat laun restorannya tutup.

Selain itu, ada kesulitan untuk mengumpulkan dana besar untuk memulai suatu usaha. Tidak mudah untuk meminjam di bank karena dibutuhkan syarat-syarat tertentu. Pada usaha-usaha yang membutuhkan modal besar seperti membangun pabrik, modal yang besar dapat menjadi masalah bagi wirausahawan tersebut.

Persaingan ketat dengan perusahaan besar juga dapat menjadi penghalang baru bagi seorang wirausahawan. Seorang wirausahawan yang membuka toko kelontong di pasar mungkin akan mengalami kesulitan karena di sana sudah banyak toko serupa. Begitu juga dengan usaha restoran di sekitar terminal atau wartel di pinggir jalan raya.

Namun banyak tantangan tidak boleh menjadi alasan bagi seorang wirausahawan untuk menyerah bahkan sebelum mulai.

About these ads
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 258 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: