Membangun Usaha Warnet

Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, telah menempatkan internet menjadi layaknya sebuah kebutuhan pokok. Di Indonesia kesadaran masyarakat akan internet sudah berkembang sangat pesat. Terutama bagi mereka para pelajar, mahasiswa, pengajar dan masyarakat umum lainnya. Hal ini dikarenakan sifat berita internet yang global, sehingga kita dapat terkoneksi ke seluruh jaringan di dunia, berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun, mendapatkan pengetahuan atau sesuatu yang kita butuhkan.

Dari uraian diatas dapat dipahami betapa internet telah menjadi kebutuhan yang universal. Ini adalah sinyal yang tepat untuk mencoba membangun sebuah bisnis jasa pengadaan koneksi internet berupa warung internet ( warnet ). Untuk memulai membangun warnet diperlukan suatu perhitungan bisnis yang tepat meliputi lokasi dan dana investasi. Kemudian faktor teknis berupa jenis komputer yang digunakan, koneksi internet, topologi jaringan, software dan system yang digunakan. Selain itu agar operasional warnet dapat berjalan lancar dan memuaskan pelanggan, diperlukan suatu management operasional yang handal yang tanggap akan penyediaan layanan yang prima dan mampu membuat inovasi. Seperti halnya membuat Squid Proxy, dll.

Bagi anda yang telah mantap akan  membangun warnet, berikut penulis uraikan tips dan trik serta salah satu alternative model / proposal pendirian warnet beserta analisis penghitungan Break Event Point (BEP) atau dimana semua modal yang dikeluarkan dapat kembali.

Prosedur
Adapun prosedur dalam mendirikan warnet yaitu tentang perijinan. Yang pertama adalah perijinan usaha, kemudian jika anda mengginakan koneksi internet / ISP berbasis WiFi anda harus mengurus perijinan dalam pendirian tower. Penulis sarankan untuk memulai pertama kali menggunakan ISP dari SPEEDY Telkom sebagai alternative utama. Alasannya mudah dalam instalasi dan hemat biaya.

Koneksi
Ada banyak alternative dalam memilih koneksi internet / ISP yang akan kita gunakan. Antara lain dengan membeli langsung bandwith atau IP dari suatu ISP. Jika disekitar lokasi anda ada warnet, anda dapat membeli bandwidth dari warnet tersebut. Tapi hal itu cukup beresiko dan cukup merepotkan. Yaitu pendirian tower dan jaminan kestabilan bandwidth. Maka penulis menyarankan koneksi internet menggunakan basis modem ADSL yang hanya memerlukan sebuah pesawat telpon, lebih mudah, hemat, dan stabilitas terjamin. Penulis menyarankan Telkom SPEEDY sebagai alternative terbaik

Lokasi
Cari lokasi yang strategis, seperti dekat sekolah, kampus, pinggir jalan raya, dan tempat yang ramai atau sering dikunjungi orang. Sebab dengan lokasi yang strategis akan mempermudah promosi, jangkauan, dan tentunya menarik pengunjung. Meskipun biasanya penyewaan lokasi yang strategis akan membutuhkan biaya sewa yang tinggi. Tapi itu lebih baik demi perkembangan warnet. Sebagus apapun fasilitas dan layanan warnet kita, sulit ditemukan dan dijangkau jika tidak bertempat di lokasi yang strategis. Lokasi dekat kampus / sekolah adalah salah satu lokasi yang sangat strategis, sebab disitu ada banyak pelajar / mahasiswa yang tentunya membutuhkan internet untuk kepentingan studynya. Jika nanti warnet sudah berkembang, anda dapat mencoba membuka cabang di daerah ataupun luar daerah yang masih minus internet.

Dana / investasi
Kucuran dana atau investasi dalam bisnis warnet ini adalah hal pertama yang akan menentukan awal arah bisnis anda. Sebenarnya ada banyak alternative dalam mengumpulkan dana atau investasi selain dari modal sendiri seperti pinjaman bank dan investor lain. Jangan terlalu memaksakan untuk mencapai dana tertentu dan terlalu mengandalkan dana yang ada. Sesuaikan dengan rencana, kebutuhan dan analisis pasar yang telah anda tentukan. Semakin banyak dana / modal yang anda miliki semakin banyak pula variasi model warnet yang akan anda dirikan.

Interior dan Eksterior
Buat suasana yang senyaman mungkin, ruangan yang sejuk, privacy user yang terjaga, ada dua alternative yaitu menggunakan meja kursi atau system lesehan. Sekali lagi ini disesuaikan oleh budget yang anda miliki.

Komputer dan aksesoris
Anggarkan sebuah komputer yang mempunyai teknologi terakhir terbaru dan cukup sebagai komputer multimedia. Ini penting sebagai investasi masa depan, terkait dengan umur hardware dan kemudahan upgrade. Tambahkan juga perhiperal tambahan seperti headset, mouse, card reader, Bluetooth, dll. Meskipun nantinya tidak semua aksesoris tadi terpasang di tiap PC klien. Jika dana memungkinkan gunakan monitor LCD. User / pemakai akan betah dengan fasilitas yang lengkap.

Layanan Tambahan / fasilitas
Tambahkan layanan tambahan seperti print, copy, scan, burning copy CD / DVD, snack, soft drink, aneka jajanan, free parking, dll.

Personalia dan Manajemen
Carilah operator yang supel, dapat mengoperasikan komputer tentunya, dan mempunyai pengetahuan dalam internet. Sediakan juga seorang technical support atau bisa juga Mas-Mas Operator warnet yang siap tanggap memperbaikitrouble , yang mungkin saja bisa terjadi pada PC yang kita gunakan sewaktu-waktu. Gunakan program billing yang lengkap dan mempunyai laporan yang komplit dan juga tampilan Desktop yang User Friendly. Berilah karyawan anda kesejahteraan dan kenyamanan dalam bekerja, dengan memberi income yang memadai dan waktu istirahat yang cukup.

Promosi
Warnet yang kita bangun dapat dikenali dan menarik pengunjung, jika kita melakukan promosi. Titikberatkan pada pelayanan seperti tarif yang bervariasi, diskon, snack atau soft dink gratis.

Tarif
Warnet yang bersahabat adalah bagaimana dikenal orang banyak dan memuaskan pelanggan, bukan saja bagaimana menarik keuntungan sebanyak-banyaknya. Untuk sistem tarif gunakan Pre Paid dimana pelanggan yang menggunakan jasa Internet dapat berkunjung kembali sesuai waktu yang kemarin sisa.

Oleh : A. Thoha Manshur
Content Contest 2008 © beritaNET.com

About these ads

, , ,

  1. #1 by Rundy on Mei 2012 - 10:13 pm

    okkkkee dooakan saya semoga bisaaa berhasilll

  2. #2 by Ferry on Februari 2012 - 10:32 am

    bagus nih artikelnya mas ganteng….
    ijin sedikit promosi mas yah, sy menyediakan jasa untuk membuka usaha warnet.. rencananya bukan ini mau membuka cab di ambon, klo ada yg berminat boleh hub sy. tx bgt yah gan

  3. #3 by johan's gitarchordshack on September 2011 - 4:40 pm

    bagus mas,artikelnya bermanfaat niih,kali aja kita beruntung…..
    tukeran link yaa….link nya mas ganteng udah saya pajang di blog-ku, silahkan cek di :

    http://gitarchordshack.blogspot.com/2010/11/link-sahabat.html

    salam blogger

  4. #4 by rinaldi on September 2011 - 9:29 am

    untuk daerah ambon yang daerah pelosok ( tulehu ) pake jaraingan apa yah warnetnya soalnya disana belum bs untuk telkom dan indosat.. thanks

  5. #5 by Ardi on Februari 2011 - 9:27 pm

    mks bngt, insyaAllah dlm bln ini sy bk usaha warnet jg. mhn doa x ya?

  6. #6 by tamasolusi on Mei 2010 - 5:46 pm

    Salam kenal…nice post.

  7. #7 by Wawan on Februari 2010 - 6:30 pm

    Makasih mas, soalnya rekan saya punya usaha warnet.. perlahan tapi pasti dia melesat sukses… Dan sedikit ilmunya saya dapatkan

  8. #8 by agus wibowo on Februari 2010 - 6:21 pm

    wah, bermanfaat nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 258 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: